Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI

Kenalan Yuks

  • 23/05/2023 08:46:00
  • By : Administrator
  • 4432
Kenalan Yuks

BBPOPT

Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) adalah unit pelaksana teknis yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Tanaman Pangan, BBPOPT secara teknis dibina oleh Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, dan Direktur Perlindungan Hortikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura. Berdasarkan Permentan 10 tahun 2023, Balai Besar Peramalan OPT mempunyai tugas melaksanakan pengamatan, peramalan, dan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan, serta rujukan perlindungan tanaman pangan dan hortikultura.

 

BBPOPT berdiri tahun 1987, akan tetapi diresmikan tanggal 20 Februari 1988, lahir atas inisiasi kerjasama teknis INDONESIA - JEPANG bidang perlindungan tanaman, atau lebih dikenal dengan project ATA-162, para ahli Jepang didatangkan khusus untuk study ini, sebutlah beberapa diantaranya : Mr. Okimasa Murakami (expert Tikus), Dr. Yoshito Suzuki (Expert Tungro dan Wereng Hijau), Dr. Hiroichi Sawada (expert WBC dan PBP), Dr. Shizuo Mogi (ahli penyakit).

 

Study yang dilakukan meliputi hama dan penyakit tanaman pangan khususnya padi, seperti Wereng Batang Coklat (WBC), Tikus, Penggerek Batang Padi (PBP), Bacterial Leaf Blight (BLB, penyakit Kresek), Blast, Tungro, Ganjur, dll. maka tak heran dari BBPOPT terlahir ahli-ahli hama dan penyakit tanaman, yang sudah tidak diragukan lagi keilmuan dan pengalamannya.

 

BBPOPT beralamat di Jln. Raya Kaliasin Tromol Pos 1 Jatisari kabupaten Karawang 41374, secara geografis Letak kantornya berada di Jalan Pantura, kalau dari arah Jakarta menuju Cirebon, posisinya ada disamping Kiri, tempatnya strategis, bangunan bagus, Kokoh (memasuki usianya yang ke 35 tahun per 20 Februari 2023, temboknya belum ada yang retak) karena dirancang anti gempa oleh arsitek Jepang.

 

BBPOPT terus membenahi diri, untuk menambah semangat para pegawai dan membuat betah para tamu dibuatlah taman dan kolam ikan serta penghijauan, membuat kantor ini bertambah Asri, selain itu BBPOPT menaruh perhatian kepada para kaum dipabel, sehingga pada tahun 2019 dibuatlah jalur khusus pengguna kursi roda, ini adalah upaya yang sungguh-sungguh untuk menjadikan BBPPOPT ramah untuk semua golongan.

 

BBPOPT merupakan Mitra petani yang melayani dengan sepenuh hati, fasilitas di BBPOPT meliputi : Gedung utama 2 lantai, Asrama 3 lantai, kebun percobaan (Rice Garden) seluas 12 ha dan 7 Laboratorium serta Green House yang mendukung kajian dan explorasi dalam bidang perlindungan tumbuhan. Bagi anda yang membutuhkan informasi seputar hama dan Penyakit tanaman, BBPOPT adalah tempat yang tepat untuk mendapatkannya, kunjungan anda ke tempat ini tidak akan sia-sia :).

Lampiran File Download
1 BANNER CMS PUSDATIN KEMENTAN 2 (Download)